Home Dunia Islam 5 AMALAN UTAMA DIBULAN RAMADHAN AGAR KITA BERUNTUNG

5 AMALAN UTAMA DIBULAN RAMADHAN AGAR KITA BERUNTUNG

53
0
SHARE
5 AMALAN UTAMA DIBULAN RAMADHAN AGAR KITA BERUNTUNG

Keterangan Gambar : Ramadhan

mediaLABOUR.com -  Jakarta,  Bismillahirrahmanirrahim...Patut kita bersyukur kita masih diizinkan oleh Allah untuk masuk dalam bulan suci Ramadhan. Betapa banyak orang yang ingin sampai pada bulan ini tetapi ajal lebih mendahuluinya.

Persiapkan amalan-² yang akan kita lakukan pada bulan suci Ramadhan agar ketika bulan Ramadhan telah pergi, kita ditinggalkan dalam keadaan beruntung.

5 amalan dibulan Ramadhan agar kita beruntung ketika Ramadhan meninggalkan kita :

1. Puasa :

Puasa dalam bahasa arab adalah shiyam. Shiyam artinya menahan, yaitu menahan dari sesuatu yang diharamkan, tidak boleh makan, minum, bahkan melakukan maksiyat yang bisa mengurangi pahala puasa.

Allah Subhana wa'taala berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Qiyam :

Qiyam artinya tegak. Maksudnya adalah menegakkan anggota badan kita untuk sholat malam (qiyamul lail), seperti menegakkan sholat tarawih, sholat witir, dan shalat-² sunnah lainnya. Kita biasakan shalat tahajud sebelum sahur.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ’anhu, dia berkata: Dahulu Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan menunaikan qiyam Ramadan tanpa memerintahkan dengan kuat,

Kemudian beliau bersabda:

”Barangsiapa yang menunaikan shalat malam di bulan Ramadan dengan iman dan mengharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

3. Sedekah

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

4. Tadarus Al-Qur’an :

Membaca Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, tidak sama dengan bulan-bulan selain Ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi no. 2915. Dinilai shahih oleh Al-Albani).

 

5. Dzikir :

Di antara amalan yang mulia dan disukai oleh Allah adalah berdzikir. ??Rasulullah saw pernah ditanya oleh seorang sahabat, “Apa amalan yang paling mulia ya Rasulullah: kemudian Rasulullah menjawab: "Ketika engkau meninggalkan dunia, sedangkan lidahmu dalam keadaan basah karena berdzikir kepada Allah."

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan:

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. Ali Imron: 191).

Dari kelima amalan tersebut, semoga kita semua bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari kita, bahkan diluar bulan suci Ramadhan. Semoga Ramadhan ini menjadi sarana ibadah kita yang terbaik dan semoga kita termasuk orang yang beruntung, dijauhkan dari api neraka, sehingga kita nanti menemui Hari Raya Idul Fitri dalam keadaan bahagia, karena puas dengan amal kita di bulan Ramadhan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Semoga Bermanfaat.,,

Semoga Allah SWT Menerima Amal Ibadah Kita Serta Memberikan Kekuatan Kepada Kita Dalam Menjalankan Ibadah Puasa Di Saat Bekerja & Beribadah.

Aamiin ya Rabbal 'alamin.

 

Panritana Sawitto