Home Media PMI / TKI Konsuler KJRI di Johor, lempar tanggung jawab.

Konsuler KJRI di Johor, lempar tanggung jawab.

330
0
SHARE
Konsuler KJRI di Johor, lempar tanggung jawab.

Keterangan Gambar : KJRI JOhor Bahru

mediaLABOUR.com -  Jakarta,  Terkait kasus PMI asal Kab. Ciamis, Ibu Ayi (52 thn) yang ditangani oleh LSM APTKI-HAM dan mendampingi ibu Ayi melakukan pelaporan ke Direktur perlindungan WNI, Departemen Luar Negeri, sejauh ini jalan di tempat.

Koordinasi lintas departemen telah diupayakan untuk dapat memberikan kejelasan atas nasib Ibu Ayi, namun sejauh ini, telah masuk bulan ke 3, belum manampakkan kejelasan.

Ibu Irma Najamuddin, seorang konsuler yang bekerja pada KJRI Johor, ketika dihubungi awak media, bukannya memberi pencerahan, namun menyalahkan pihak PMI, dan kecenderungan membela majikan ibu Ayi.

"Jangan salahkan orang India saja, harus cari siapa agencynya di Indonesia" Pada dialog melalui sambungan telepon, "orang Indonesia juga, karena tidak punya uang, berangkat kerja dan tidak punya dokumen resmi" Demikian salah satu penggalan dalam sambungan jarak jauh itu.

Konsuler juga meminta untuk kordinasi antara naker Malaysia dan Naker Indonesia, karena menurutnya, KJRI tidak punya kewenangan sejauh itu untuk melakukan intervensi.

Lantas, bila PMI kita bermasalah, kemana mereka akan mencari perlindungan, bila pejabat yang di tempatkan pada KJRI bersikap apriori seperti ini?

 

lagaligo