Home Media PMI / TKI Sambangi BP2MI, Menparekraf Bicarakan PMI sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif

Sambangi BP2MI, Menparekraf Bicarakan PMI sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif

229
0
SHARE
Sambangi BP2MI, Menparekraf Bicarakan PMI sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif

Keterangan Gambar : Menteri Parekraf bersama Kepala BP2MI dan PMI Purna

mediaLABOUR.com - Jakarta, BP2MI (3/3) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyambangi Kepala BP2MI, Benny Rhamdani di Kantor Pusat BP2MI Jl. MT Haryono Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Pertemuan ini guna berbincang mengenai rencana menindaklanjuti peran Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai pahlawan devisa yang telah disebut sebagai Duta Pariwisata oleh Menparekraf sebelumnya, Wishnutama.

"Penting bagi kita untuk memberikan mereka gelar-gelar kehormatan karena PMI adalah pahlawan devisa. Mereka juga adalah penggerak ekonomi. Salah satunya yang telah kita lakukan yaitu memberi surat berlogo garuda yg dikantongi oleh setiap PMI yang berangkat keluar negeri untuk diberikan kepada pemilik perusahaan agar agency tidak macam-macam. Pada bagian belakang surat tersebut juga terdapat peta 10 destinasi wisata Indonesia," jelas Benny.

Minimal setiap PMI diberikan 10 brosur, lanjut Benny, agar setiba di negara penempatan mereka dapat membagikannya sambil berkegiatan sehari-hari. Itu sebagai salah satu cara mereka mempromosikan wisata Indonesia.

"Yang juga tak kalah penting adalah para PMI purna ini telah menghasilkan produk-produk yang telah menembus pasar internasional. Setelah menjadi PMI, mereka pulang ke Indonesia dan mendapatkan pelatihan," tambah Benny.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Menparekraf, Sandiaga Uno. Diungkapkan olehnya bahwa Kemenparekraf kedepannya akan merencanakan untuk turut memberikan pelatihan-pelatihan bagi PMI.

"Banyak produk ekonomi kreatif yang dapat dipromosikan PMI ke luar negeri, misalnya kopi, sepatu, juga ulos. Nanti dapat kita siapkan brosur atau paket yang bisa dibawa oleh pekerja migran ke negara penempatan. Kalau perlu, kami akan fasilitasi pelatihan-pelatihan agar PMI purna dapat menjadi wirausaha," ungkap Sandiaga.

Ditambahkan Sandiaga, dengan ini PMI selain menjadi duta wisata, juga bisa disebut duta produk ekonomi kreatif.

"Jika kita liat dari daerah asalnya, banyak PMI yang berasal dari Jatim, Sulawesi, Banten, Lombok, NTB, dan banyak tempat wisata lainnya yang dapat mereka promosikan di sana. Harapan kita ekosistem pariwisata serta ekonomi kreatif bisa dikembangkan dari PMI purna yang sudah kembali ke Tanah Air dan dididik menjadi wirasusaha," jelas Sandiaga.

Sandiaga juga mengucapkan terimakasih kepada para PMI yang sudah menggerakkan ekonomi dan semoga bisa membangkitkan wisata dan perekonomian kreatif Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Benny mengajak Sandiaga untuk mencicipi produk PMI purna dan mengunjungi gerai produk PMI purna, seperti gerai kopi, tas, handsanitizer hingga produk-produk kreatif dari Paguyuban PMI Purna Tunas Jaya Desa Nglanggeran. Sandiaga mengakui bahwa produk-produk yang dihasilkan oleh PMI purna memang pantas dipasarkan ke pasar internasional.

Salah satu PMI purna yang hadir, Titik turut berharap dengan adanya kolaborasi antara BP2MI dengan Kemenparekraf ini dapat berdampak baik bagi mereka, sehingga otomatis berdampak baik pula bagi kesejahteraan keluarga mereka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno didampingi oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Wisnu Bawa Tarunajaya, Deputi Bidang Pemasaran, Nia Niscaya, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Neil El-Himam. ** (Humas/MIT/Ulv/Risky/Novi)

 Klik Sumber 

mediaLABOUR.com VIDEO :