Home Media PMI / TKI Setiap hari 300 Pekerja Migran Indonesia Pulang melalui Kalimantan Barat

Setiap hari 300 Pekerja Migran Indonesia Pulang melalui Kalimantan Barat

70
0
SHARE
Setiap hari 300 Pekerja Migran Indonesia Pulang melalui Kalimantan Barat

Keterangan Gambar : PLBN Entikon Kalbar

mediaLABOUR.com -  Kalimantan Barat,  Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menyebut, sepanjang Ramadhan 2021 terjadi peningkatan kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia. Menurut Harisson, dalam sehari, sebanyak 300 PMI masuk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas dan PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau. Mereka ada yang dideportasi dan pulang sendiri. “Selama Ramadhan ini, per hari ada 300 PMI dari Malaysia yang kembali. Mereka masuk melalui PLBN di Kalbar,” kata Harisson kepada wartawan, Selasa (27/4/2021)

Menurut Harisson, PMI yang sudah menjalani pemeriksaan akan dipindahkan ke Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalbar di Kota Pontianak untuk menjalani karantina selama lima hari. “Saat ini sudah ada 245 PMI yang dikarantina di BPSDM Kalbar di Pontianak,” jelas Harisson. Harisson menjelaskan, pada hari kelima nanti akan kembali dilakukan swab. Jika hasilnya negatif, mereka boleh pulang ke rumahnya masing-masing. “Hari kelima mereka di-swab ulang, bila negatif, mereka boleh pulang ke kediaman, bila positif mereka dilakukan isolasi,” ungkap Harisson.

 Harisson menyebut, sempat terjadi penumpukkan PMI di Wisma Indonesia, PLBN Aruk, Kabupaten Sambas. Selain memang karena tempatnya terbatas, laboratorium PCR mobile juga hanya bisa memeriksa 60-150 sampel per hari. “Terakhir terjadi kekurangan reagen, di Entikong sudah habis 1 minggu ini, sehingga mereka tidak bisa melakukan pemeriksaan sendiri,” ungkap Harisson

 Diterangkan, saat masuk ke Indonesia, seluruh PMI tersebut telah menunjukkan surat keterangan yang menunjukkan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab PCR. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Menurut Harisson, pengaturan pengangkutan PMI dari PLBN Entikong, proses penginapan atau karantina di BPSDM Kalbar dilakukan oleh Kodam XII Tanjungpura.

 Sedangkan Dinkes Kalbar masuk dalam satgas khusus perbatasan ini hanya memfasilitasi swab PCR. “Kedatangan 245 PMI ini difasilitasi oleh Satgas Khusus Penanganan Perbatasan yang dipimpin oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura,” ucap Harisson. (sumber Kompas.Com)

lagaligo