Home Media PMI / TKI Jadi YouTuber, PMI di Arab Saudi Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Sebulan

Jadi YouTuber, PMI di Arab Saudi Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Sebulan

SHARE
Jadi YouTuber, PMI di Arab Saudi Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Sebulan

Keterangan Gambar : Jadi YouTuber, PMI di Arab Saudi Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Sebulan

 mediaLABOUR.com  JEDDAH - Kemajuan dunia digital banyak dimanfaatkan orang untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan singkat. Hal itulah yang dilakukan seorang Pekerja Migran Indonesia( PMI) di Jeddah, Arab Saudi Yayan Mulyana yang mencari penghasilan tambahan dengan menjadi YouTuber.

PMI asal Subang, Jawa Barat ini mengaku menekuni konten kreator YouTube sejak pertengahan tahun 2017. Video pertama yang di upload adalah sekitar kehidupan para PMI di Jeddah.

"Awalnya sih diskusi dengan istri di Indonesia tentang keresahan hati karena kita tidak akan selamanya tinggal di negeri orang. Kemudian istri menyarankan saya mencoba di dunia YouTuber, " ujarnya saat dikonfrmasi LiputanBMI melalui panggilan seluler, Jumat (22/11/2019).

Siapa sangka, berkat kerja kerasnya bapak tiga anak ini sudah mempunyai subscriber sebanyak 389 ribu. Di YouTube, Yayan menggunakan nama Alman Maulana. Nama tersebut diambil dari nama anak pertamanya.

PMI yang sudah 15 tahun bekerja di Arab Saudi sebagai sopir perumahan itu kini mempunyai penghasilan dari google adsense sebesar USD 4.000 atau setara Rp 56 juta perbulan.

"Ya, pertama dapat dari google adsense Rp 7 juta, waktu itu saya sempat beberapa kali mendapat peringatan dari google karena gaji saya tidak pernah diambil dan disuruh mengirimkan identitas dan nomer rekening," ungkapnya.

Yayan mengungkapkan kini sudah tidak bekerja lagi sebagai sopir, dia mengaku fokus membuat konten YouTube setiap harinya. Bukan hanya seputar PMI, konten yang sekarang Yayan suguhkan kepada para subscribernya juga memuat tentang kultur budaya Arab Saudi.

"Kemarin waktu musim haji juga banyak saya dokumentasikan di akun YouTube. Menurut saya kita harus pandai memanfaatkan waktu dan bijak menggunakan internet agar dapat menambah pundi-pundi rupiah," pungkasnya.


sumber : http://www.liputanbmi.com/baca/3687/jadi-youtuber-pmi-di-arab-saudi-ini-raup-puluhan-juta-rupiah-sebulan